banner 970x250

Sinergi Kemenag bersama BPH, Menag: Kita Bertekad Sukseskan Penyelenggaraan Haji

Sumber foto: Kemenag
banner 120x600
banner 468x60

Bekasi (Kemenag) — Menteri Agama Nasaruddin Umar menghadiri Rapat Kerja Nasional (RakernasKonsolidasi Penyelenggaraan Ibadah Haji 1446 H/2025 M di Asrama Haji Embarkasi Bekasi, Jawa Barat. Rakernas ini diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara Haji (BP Haji) dengan mengusung tema Mengokohkan Sinergi Menyempurnakan Layanan Haji. 

Acara ini dibuka secara simbolis dengan penekanan tombol oleh Kepala BP Haji Mochamad Irfan Yusuf dan Menteri Agama Nasaruddin Umar.

Menag Nasaruddin Umar mengungkapkan optimisme bahwa penyelenggaraan haji 1446 H/2025 M akan berlangsung lebih baik. Keyakinan ini didasarkan pada sinergi antara Kemenag dan BP Haji. Kolaborasi kedua pihak diharapkan mampu menghasilkan energi positif untuk memberikan layanan terbaik bagi jemaah haji Indonesia.

“Kita sudah menjalin sinergi yang kuat. Kerjasama antara Kemenag dan BP Haji akan memperbaiki pelaksanaan ibadah haji,” ujar Menag Nasaruddin Umar di Bekasi, Rabu (23/4/2025).

Ia juga menambahkan bahwa seluruh persiapan sudah memasuki tahap akhir. Persiapan terkait layanan akomodasi, transportasi, konsumsi, dan aspek lainnya hampir rampung.

Secara umum, semua persiapan sudah finaltermasuk hotel, katering, kendaraan, dan pesawat. Saat ini, kami sedang dalam proses pemvisaan,” jelas Menag.

Beliau juga menekankan bahwa niat yang diusung bukan untuk mengejar popularitas, melainkan semata-mata untuk memberikan layanan terbaik. “Kami berkomitmen penuh untuk mensukseskan penyelenggaraan ibadah haji,” tambahnya.

Menag juga memberikan pesan khusus kepada para petugas untuk memberikan layanan optimal bagi jemaah haji Indonesia. Ia menekankan bahwa keberhasilan haji harus didukung oleh disiplin dan kerjasama petugas dalam melayani jemaah.

Kepala BP Haji Mochamad Irfan Yusuf menyatakan bahwa acara ini merupakan forum strategis dalam menegaskan komitmen BP Haji untuk menghadirkan layanan haji yang adaptif, efisien, dan berlandaskan nilai-nilai pengabdian kepada para tamu Allah (duyufurrahman).

“Rakernas ini adalah bagian dari ikhtiar bersama seluruh pemangku kepentingan untuk menyempurnakan pelayanan haji secara menyeluruh. Kita tidak hanya menata sistem, tetapi juga merajut niat dan pengabdian untuk menjadi pelayan yang amanah bagi jutaan hati yang berserah menuju Baitullah,” kata Gus Irfan.

Ia menambahkan bahwa peningkatan profesionalisme dalam setiap tahapan penyelenggaraan haji adalah suatu keharusan. Para pemangku kepentingan di tingkat daerah, kota, dan kabupaten harus berperan aktif dalam menyediakan pelayanan terbaik bagi jemaah.

“Kita perlu memastikan bahwa setiap titik layanan dapat memenuhi kebutuhan jemaah secara langsung, dengan standar yang terukur berorientasi pada kenyamanan dan kualitas terbaik,” tegas Gus Irfan.

Rakernas ini berlangsung selama tiga hari, dari 23 hingga 25 April 2025. Selain ituhadir dalam acara ini Wakil Kepala BP Haji Dahnil Anzar Simanjuntak, Dirjen PHU Hilman Latief, Kepala BPKH, Konsul Jenderal RI di Jeddah Yusron Ambari, serta jajaran pimpinan dan pejabat dari Direktorat Jenderal PHU dan lembaga terkait lainnya. Tak ketinggalan, peserta dari BP Haji, Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag, Kanwil Kemenag se-Indonesia, UPT, serta mitra kementerian dan lembaga terkait juga turut hadir.

(Editor: Hendrik Kusbandono)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *